Pages

Friday, March 29, 2013

Martabak manis special cinta. ...

Sekarang ini suka berkutat di dapur, sayang resep2 yang kayaknya oke suka lupa yg mana. Akhirnya ingin untuk ngeblog lagi supaya resep yg sdh dicoba dan oke menurutku terdokumentasi dengan baik

Pagi ini pengennya bikin martabak manis saja buat sarapan, berhubung anak2 masi libur sekolah bikin sarapan sekaligus cemilan ampe makan siang biar ga ada yg protes



Salah satu yg kuanggap paling oke adalah resep  yang kucontek abis dari blog jajane vivi
kalo liat penampakan yg berongga2 walo ga pake loyang martabak membuatku cukup puas
ini dia resepnya :




Bahan :
500gr       Tepung terigu protein sedang
1sdt          Baking powder
150gr       Gula pasir
2btr          Kuning telur
1/4sdt       Vanili bubuk
1/2sdt       Garam
750cc       Air
Bahan taburan per loyang :
1sdm     Margarine
1sdm     Gula pasir
2sdm     Meses
50gr       Keju cheddar 
*kali ini isian kutambah almond panggang sisa bikin roti 4 hari lalu*

Bahan tambahan perloyang :

1/4sdt    Baking powder
1/4sdt    Soda kue
Cara membuat :
  1. Ayak tepung terigu dan baking powder, masukkan gula pasir tambahkan kuning telur, vanili dan garam.
  2. Tuang air kedalam adonan, mikser dengan kecepatan rendah sampai lembut. Diamkan 1 jam. Adonan siap digunakan.
  3. Karena cetakan ku lumayan gede, jadi adonan aku bagi 4. Sebelum adonan dituang ke cetakan tambahkan 1/4sdt baking powder dan 1/4sdt soda kue, aduk rata.
  4. Kemudian tuang adonan dicetakan yang sudah dipanaskan dengan api kecil selama 15 menit. Cetakan tidak perlu dioles margarine.
  5. Biarkan Adonan berbusa/lubang2 kecil. Tabur gula dan tutup hingga matang. Angkat.
  6. Oles terang bulan dengan margarine. Tabur meses dan keju parut. Potong 2 dan tumpuk. Oles bagian kulitnya dengan margarine.
Penambahan baking powder dan soda kue pada bahan tambahan perloyang tergantung pada besar kecilnya cetakan ya.., 1/4sdt baking powder dan soda kue itu untuk cetakan diameter 22cm.

ini dia penampakan martabakku, masi jauh dari tukang martabak tapi okelah buat ngobatin kangen martabak, maklum tukang martabak terdekat cuma satu, lumayan jauh, kl dipasar2 adanya apam balik tapi rasanya tidak manis, isian hanya kacang saja


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...