Pages

Tuesday, July 9, 2013

Divonis diabetes

Gak kebayang!! In this age, diabetes, makan harus dikontrol, ga bisa lagi daku bikin cake, roti2 sesuka hati, kalo tidak ingin hal buruk terjadi. Seperti disebut banyak buku, diabetes membawa harmful effect kemana-mana, ya jantung, ya kidney, dan seabrek-abrek penyakit lainnya. Honestly I am down, more than him. Tanggung jawab besar ada dipundakku, daku tidak boleh lengah menyediakan makanan kepada suami. Saat  mencoba menyemangati diri sendiri, suami yang down pun hampir setiap hari emosi. Entahlah seperti anak2 yang dilarang makan es, tidak makan nasi jadi masalah besar buatnya. Jadi maklumlah kalo beberapa minggu ini jadi tidak semangat ngeblog, saking abu-abunya hari2ku.





Dari buku yang sengaja kubeli, penderita diabetes harus mengurangi makanan-makan yang memiliki GI (glycemic Index) tinggi, seperti nasi, kentang, pasta, roti, ubi, jus buah. Dan kalau orang bilang pake wheat flour, nasi merak, beras basmathi sehat, ternyata tidak pun huhuhuhu, semuanya masih memiliki GI tinggi, bahkan ditegaskan kalau seluruh grain itu masi memiliki GI tinggi, mau oat, barley, buckwheat dan grain-grain yg lain. Padahal tau sendiri kan kalo semua makanan yang enak itu berasal dari tepung, dan nasi.
Foods with carbohydrates that break down quickly during digestion and release glucose rapidly into the bloodstream tend to have a high GI; foods with carbohydrates that break down more slowly, releasing glucose more gradually into the bloodstream, tend to have a low GI
Low GI ini akan melepas glukose lebih pelan, buat yang sudah kena diabetes -ada masalah dengan produksi insulin- makanan jenis ini aman karena tidak akan membuat glukose shock. Dan menakutkan lagi ternyata obat diabetes itu hanya menekan fasting blood sugar saja, jadi tetep harus DIET, wajib, karena makan high GI ga bisa ditekan dengan obat hanya dengan suntikan insulin saja.

Minum jus buah sehat??
Ternyata jawabannya tidak :(. Jus buah itu sudah menjadi gula, ingat minum tidak terkontaminasi dengan ludah karena langsung telan, jus buah dengan gula, itu malah lebih berbahaya. Minum tea/kopi/susu/coklat dengan satu sendok teh gula masi dibolehkan untuk penderita diabetes, tapi minum jus buah segar walaupun tanpa gula is A BIG NO NO

 Makanan apa yang boleh?
Makanan yg biasanya dibilang jangan dimakan seperti telur, daging justru itu yang dibolehkan bagi penderita diabetes. Telur, ayam, daging, ikan memiliki GI 0, jadinya tidak memicu kenaikan gula darah, buah-buahan dan sayuran memiliki sumber karbohidrat juga hanya saja GInya rendah sehingga aman untuk dikonsumsi. Beberapa buah2an memiliki moderate GI jadi harus diperhatikan supaya tidak berlebihan. Jika ingin membuat muffin atau pancake boleh menggunakan dasar tepung almond, tepung kacang ataupun tepung kelapa. Hanya saja agak susah disini mendapatkan tepung kelapa hiks :(.    Buat penderita diabetes, kacang-kacangan sangat dianjurkan menjadi menu, karena proteinnya cukup dan GI nya pun low (mikir kalo diabetes tapi asam urat bagaimana ya :( )
Untuk gula saya memakai equal yang stevia (bukan aspartam) dan juga ada agave nectar, yg dibuat dari kaktus

Sarapan praktis:
Bosen sarapan telur bisa juga nyoba bikin Muffin in a minutes ini, asli cuma 1 menit bikinnya diubek2 jg cm pake garpu


Bahan
1/4 cup flax seed meal 
1/2 teaspoon baking powder 
1/4 teaspoon stevia powder 
1 teaspoon cinnamon 
1 egg 
1 teaspoon oil 

Caranya :
Campur bahan kering
kocok telur dan campur dengan minyak
satukan bahan kering dg cair, masukkin ke mug 
microwave dg suhu tertinggi selama 1 menit


10 comments:

  1. Duh, yang sabar ya, jeng. Apel, alpukat, boleh koq. Tapi jangan dijus.

    ReplyDelete
  2. kita sama sama makan dengan pantangan tapi beda penyakit mbak:) tetap semangat ya.. memang kalau sudh sakit seperti kita harus ketat jaga makan:) tidak sebebas dulu lagi. betapa bersyukurnya masih bisa sehat walaupun banyak pantangan makan.

    ReplyDelete
  3. Ayahb saya juga dulu pernah ada gejala diabetes. Baru gejala. Tapi langsung jadi senewen soal makanan ini-itu.

    Semangat ya... :)

    ReplyDelete
  4. Tetap sabar dan semangat ya Mbak Lina...
    Sungguh, aku baru tahu bahwa jus buah GI nya tinggi.
    Di grup HHBF (homemade healthty baby food) dianjurkan pemakaian beras dibanding tepung, alesannya krn kadar GI beras lebih rendah drpd tepung. Tadinya aku pikir sama2 beras, yg satu utuh yg satu tepung, masa sih beda? Ternyata (mungkin) sama ceritanya kaya jus buah ini yaa.. Makasih ilmunya Mbak.

    ReplyDelete
  5. waaa, pelajaran n info yg berharga, tfs yaaa maaakk lina

    ReplyDelete
  6. Tetap semangat memasak ya mbak walaupun ada batasannya.

    ReplyDelete
  7. Terima kasih telah berbagi, Salam Sehat Selalu

    Toko Herbal
    Cream Anisa

    ReplyDelete
  8. menangani diabetes memang susah-susah gampang, ya. Kayak papah mertua sy juga diabetes. Org sekitar memang hrs peduli bgt kl gak penderita bs uring2an

    ReplyDelete
  9. harus jadi makin kreatif bikin menu masakan dong... :)
    apa kabarnya jeng...?

    ReplyDelete
  10. terimakasih infonya mba...mertua saya habis lebaran kemaren divonis diabet, yang lebih repot beliau juga punya asam urat..susah jadinya buat ngatur menu :(

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...