Pages

Friday, February 28, 2014

Skybridge Langkawi


Langkawi skybridge merupakan top five world scariest bridge. Jembatan ini bisa membuat orang yang takut akan ketinggian jantungan. Bagaimana tidak walaupun panjangnya hanya 125 m tp ia berdiri 700 m diatas permukaan laut.  Dibangun dipuncak gunung ma chincang pulau Langkawi, Kedah Malaysia, yang kalau kita melongok kebawah,akan nampak lembah, ngarai, dan laut. Begitu pula terpaan angin yang begitu kuat membuat jembatan ini serasa bergoyang2 bak kena gempa.
Jembatan yang mulai dibuka sejak Februari 2005 ini, pembangunannya cukup spektakuler, karena semua bahan bangunan dibawa ke atas menggunakan helikopter.
Bagi para wisatawan. untuk pergi ke sana disediakan cable car, yang harus melewati 3  stasiun. Naik cable car ini buat saya yang phobia ketinggian cukup membuat dag dig dug, rasanya kenapa ga sampai-sampai. Beda dengan yang di genting Highland, cable car masih dekat dengan deretan pepohonan hutan, cable car kali ini benar-benar melayang tinggi. Beberapa kali kereta berhenti beberapa saat, mungkin karena hembusan angin yang cukup kuat, untuk menstabilkan cable car-nya *soktau*. Setiap stasiun ke arah atas kita wajib turun, entah kenapa, atau kami aja yg kena dikerjain petugas hihihi, disuruh foto2. tapi memang pemandangan cukup bagus, sekaligus meredakan ketakutan saya.



Dari stasiun ke 3 menuju kearah skybridge, perlu jalan seperti jungle track mini, makanya jangan pake higheels*bukankondangan* ga perlu jg pake wedges tapi pake sepatu kets atau sendal jepit kl kemari. jalanan tanah, batu, pake rada merambat dikit. apalagi waktu saya kesini anak2 masi umur 6 dan 8 jadi ada adegan angkat, gendong kl jalanannya agak bahaya.Oh ya jangan lupa beli air mineral di stasiun ke 3, kalo ga mau kehausan. Jangan mikir bawa bekel dari bawah ya, sebelum maauk stasiun cable car, tas dibuka, ketauan bawa air, airnya disuruh ninggal, paling yg boleh dibawa permen, itupun juga bukan permen karet, dan hanya di stasiun ke 3 kita ketemu penjual air dan makanan.

Nampang dg latar belakang stasiun ke 3, masih tinggi lagi hfftt

pemandangan dari atas stasiun 3, awal cable car dari bawah loh hiiii
Begitu sampai area skybrigde kita bakal disambut oleh hembusan angin yang cukup kecang, lumayan buat mengeringkan keringat yang mengucur habisa acara naik2 ke puncak gunung. Then, waktunya buat uji nyali, tapi maaf nyali saya ga cukup besar. Saya yg masih merinding kl nyebrangin jembatan busway, kok disuruh nyebrang jembatn yg tingginya beratus2 kali lbh tinggi dr jembatan busway, pake acara digoyang dangdut angin, ampun dah, memding disuruh naik roll coaster yg walo tinggi tapi saya duduk. Kalo jalan gini lutut saya bisa gemetaran terus takutnya saya pingsan. Apalagi sdh ada warning yg ga kuat jgn coba2. Akhirnya saya menyerah menunggu anak2 dan bapaknya dari pinggir jembatan saja hahaha. itu saya jg sdh pusing berasa muter kepala krn terkena imbas goyangan jembatan.

cuma berani melangkah 10 meter aja hahaha

bapaknya terpaksa ngikutin anak-anaknya yg ga kenal rasa takut
Sayangnya jembatan ini sudah tutup selama 20 bulan, semenjak ditemukan korosi di struktur rangkanya, Mungkin krn letaknya diatas gunung yg kelembabannya tinggi, dan dia jg ditopangkan pada bebatuan gunung, menyebabkan korosi menyebar sedemikian cepat. Bahkan jembatan yang menjadi salah satu andalan malaysia ini tidak akan siap saat diluncurkannya visit malaysia year 2014. Sepertinya masalahnya sama dg Indonesia, birokrasi, agak ribet gitu meminta dana renovasi yang cukup besar dan mendatangkan ahli dari luar negara. Tapi kabarnya itu jembatan kl sdh diperbaiki sebagian akan diganti kaca lantainya, biar bisa liat kebawah ... aaaaaaa makin njiperlah yg penakut macam saya. Doakan saja agar dananya lancar bisa segera dibuka lagi janjinya sih akhir 2014,
Kalo ga langkawi jadi hampa selain liat elang yg jumlah puluhan menyambar ikan yg kita tabur, pantainya menurut saya biasa aja.

Kunjungan saya kesana adalah pada lebaran tahun 2010 :) sudah lama ya, baru diposting hahaha
another view of langkawi

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...