Pages

Saturday, April 5, 2008

Apa yang sudah kau beri??????

Cuma ungkapan hati diri pribadi mohon maaf kalo ada yg tidak berkenan...

Belum puas gue ngubek2 masalah pajak.. ampe nemu blog ini jadi pengen juga lempar uneg2 hati.. daripada jd kanker hati hahaha...

Ngutip salah satu komen dari blog itu yang intinya berantem-berantem masalah bayar pajak
jangan tanyakan apa yang diberikan negara ini kepadamu …tapi tanyakanlah apa yang kamu berikan negara ini kepadamau …
Maksudnya warga negara mesti bayar pajak ... kenape..
katanye banyak fasilitas negara yang berasal dari pajak ni mo tahu 70% APBN kita berasal dari Pajak.. gila gak sih (rasanya kayak orang tua minta duit anaknya... anaknya suruh kerja buat biaya operasi seluruh keluarga ck ck ck). Makanya tarif pajak kita paling fantastis ya. Coba beli barang kena PPN 10% di negara lain paling cuma 3-5%. Tarif PPh lebih gila lagi ampe 35% liat negara tetangga ga ada tuh yg sampe segitunya.

Sebagai contoh (asumsi buat malaysia aku hanya pake tax rate pengurang aku abaikan... kl diitung beneran lebih rendah lagi) :
Kl digaji Rp 270 jt 1 tahun
- indonesia tax 54.800.000
- Malaysia tax 39.082.500
Kl digaji 350 jt
- indonesia tax 82.800.000
- Malaysia tax 60.952500
Bisa dilihat tuh jauhnya beda pembayaran pajak , padahal kalo dilihat fasilitas yg bisa diperoleh disini hmmm...

TKI kerja di LN kena pajak.. sedih banget iri deh gue dibandingin ma WN Malaysia atau Singapore, yang apabila mereka kerja di luar negara gak perlu bayar pajak lagi. Kenapa.. iyalah para pekerja ini gak memakai segala fasilitas yang diberikan negara kok negara mo minta .. ga adil kan. Terus kalo dibilang ga mikirin negaranya? SIAPA BILANG?? Walo kerja di LN (pada ngeles pajak hahaha) tapi mereka rutin ngirim uang ke rakyat yg membutuhkan, mo zakat mo sedekah dikirim tuh ke negeri tercinta. Padahal kalo zakat dan sedekah dibayar disini (aka malaysia) bisa ngurangin pajak lo (bukan penghasilan kena pajak tapi langsung sbg pengurang pajak), tapi toh mereka lbh rela ga dipotong pajak buat bantuin sodara di negeri sendiri. Nah kl kayak aku mesti bayar pajek lagi ya kelaut emang... kecuali setelah bayar pajak anakku kuliah murah, nah kuliah di Indonesia sudah jadi selangit harganya..... ampunnnnnn

Kalo kita protes jawabannya
pajak sebenarnya untuk kepentingan kita semua.tapi sayangnya kita semua tidak pernah tuh merasakan langsung “efek” pajak.kan pengertian pajak adalah iuran wajib yang dipungut oleh pemerintah dari masyarakat (wajib pajak) untuk menutupi pengeluaran rutin negara dan biaya pembangunan tanpa balas jasa yang dapat ditunjuk secara langsung.
Maksudnya yg ngrasain efek pajak cuma bos2 yg diatas ya buktinya rakyat kecil tetep susah aja, cari duit susah mana pemerintah ga pernah bisa nahan inflasi yang katanya sekarang 8% trs mo hidup dg planning yang gimana nih pemerintah kalo dari hari ke hari barang2 pada ganti harga...
Sudah begitu mana pak pejabat bilang "KITA SUDAH KELUAR DAR KRISIS MULTI DIMENSI" wah krisis yg mana sih pak yg bapak maksud, apa bapak masih dapet laporan ABS

Nah lo kalo emang negara punya pemerintahan yang baik mestinya nih paling gak ya cari cara kek, konsep yang tepat kek buat cari dana buat anggaran belanja. jangan cuma nyekik rakyat pake pajak dong. Masak anggaran cuma dari pajak dan hutang... merinding deh liat beritanya
"... Defisit APBN yang membengkak dari 1,7% menjadi 2% membuat pemerintah berutang lebih besar lagi tahun ini. ....Harga surat utang negara (SUN) cenderung menurun. Apalagi, jumlah penambahan utang bersih tahun ini membengkak dari Rp91,6 triliun menjadi Rp103,1 triliun.
Akibat pembengkakan defisit itu, penerbitan SUN tahun ini juga meroket dari Rp73,3 triliun menjadi Rp87,3 triliun. Semakin banyak pasok SUN di pasar, semakin besar potensi penurunan harga SUN. Padahal, SUN dijadikan patokan penerbitan obligasi korporasi. Dengan tren penurunan harga SUN, perusahaan yang ingin menerbitkan obligasi korporasi kurang tertarik karena biaya surat utang semakin mahal".

Ati2 apa ada hal lain lagi yg bisa dibebankan ke rakyat

Nih satu bukti nyata kalo pemerintah ga memihak rakyat... lihat di detik foto masalah PENCAIRAN LAHAN BLOK CEPU masak luas tanah 2136 m2 cuma dapet ganti rugi Rp 106.800.000,- yang berarti 1m2 tanah dihargai Rp50.000,- padahal di dalemnya ada minyaknya lo... minyak friend... minyakkk ampe kucek2 mata aku ngliat angkanya, kirain kalkulatorku salah ato angka nolnya pada lari ya???. Coba bandingin harga tanah rumahku di jakarta yg cuman di kampung, digang, dalam tanahnya kagak ada apa kecuali rembesan air asin, NJOPnya aja 1.2jt. Apa karena yang dibeli rakyat bodoh ya?? mbok ya dibantuin to pemerintah.. keknya pemerintah maunya rakyat tahu kewajiban tapi giliran perlindungan ke warganya NOOOLLLLL BESSAARRRR

Nah kalo ditanya "Apa yg sudah kamu beri??? tanyain balik juga "emang apaan pula yg sudah kamu beri???? grrrrr.....
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...