Pages

Saturday, April 19, 2008

Masuk SD Umur berapa sih?

Punya anak dengan umur2 yang agak tanggung memang susah... seperti anakku Fadia, lahir bulan November.. kalo tahun ajaran Juli coba kapan kira2 dia masuk SD.. biasanya SD banyak yg mensyaratkan masuk minimal umur 6 tahun.
Aku jg begitu... kebetulan Fadia masuk playgroup umur 2 tahun 8 bulan, kalo diitung2 playgroup dan TK 2 tahun dia bakal masuk SD 5 tahun 8 bulan. Di TKnya yg dulu kami sempat berdebat panjang.. karena ga akan bisa masuk SD umur segitu... wah kaget dong setengah maksa2 minta tolong kalo bisa dilulusin... Soalnya dari beberapa temen aku denger anaknya ada yg masuk SD umur 5.5 tahun masak Fadia ga bisa. Walopun si ibu guru sudah nerangin dengan bener kalo lebih baik anak masuk sekolah SD pada umur yg cukup karena tidak membebani mereka terlalu berat dan juga memberikan kesempatan anak bermain tapi aku tetep aja kekeh.... mesti SD angkatkening kalo ga bisa cari TK lain sengihnampakgigi

Tapi tiba2 si Ayah pindah ke Malaysia... Fadia yang saat itu hampir masuk TK besar di jakarta.. karena disini umur masuk SD adalah 7 tahun untuk kelas 1 utk sekolah kebangsaan 5 tahun jalan utk Internasional school semuanya jadi berubah. Fadia mulai lagi dari awal TK kecilnya dan aku memang melihat dia step by step belajarnya. Ternyata buat Fadia menunda masuk SD lebih baik sengihnampakgigi karena anakku itu masih seneng main kalo disuruh ngerjain PR. Masih sering ngambek kalo diingetin ada PR.. belajar?? aku cm menyuruhnya ngerjain PR aja cukup deh.. kalo belajar sih maunya sendiri soalnya emang buku banyak banget. Tapi ya itu ga bisa2 baca gelakguling susah banget nyuruhnya. Kalo belajar ga ikhlas jadinya cuma nangis nangih.

Ternyata begitu ya... kita ga bisa maksain anak sesuai keinginan kita. Kalo si anak belum siap ya sudah... telat dikit umurnya is okay... Thanks Allah karena disini umur SD 7 tahun pada tahun masuk .. jadi kl diitung Indonesia telat diitung disini Fadia masuk cepet sengihnampakgigi. Tapi ya sekarang sih Fadia mulai rajin.. bangun tidur cari buku matematika, baca2 bukunya sendir walo kata2 yg dikenali masih dikit, tapi kayaknya sudah mulai mencapai tahap siap SD. Aku berharap rindu 8 bulan lagi cukup matang ini anak.

Dan sekarang term 1 dah berakhir.. kerja keras cari SD.. Fadia siap2 ikutan tes (aku ga bisa nyiapin bingung sengihnampakgigi dan panik) tapi moga2 dengan apa yg dia pelajari cukup membuat dia lulus tes. SD pertama yang dikunjungi Oke banget wangi senyum membuatku pengen SD lagi hihihi...
dan apa jawaban Fadia saat ditanya tentang sekolahnya? Do you like that school? dia jawab Yes ditanya lagi why are you intersting with this school? dijawab I like mandarin I can write mandarin hahaha.. jawaban yg lucu karena saat kunjungan liat anak nulis mandarin dan itu membuatnya tertarik gelakguling Mohon doanya ya biar cepet dapet sekolah, lulus tes dan mulai ngurus Student Visa.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...