Pages

Friday, November 1, 2013

Hilangnya Rasa Aman

Apa yang kita harapkan semenjak kita bangun di pagi hari? Harapan bahwa kita mengawali hari dengan indah, mendapat perlakuan baik dari sekitar kita, menyelesaikan seluruh aktivitas hari tersebut dengan lancar dan pulang ke rumah dengan selamat. Menyedihkannya meningkatnya tingkat kejahatan membuat rasa aman sebagai sesuatu yang susah di dapat.


Ini yang terjadi di Malaysia, terutama di area seputar tempat tinggal saya. Sebagai contoh nukilan surat kabar
"PETALING JAYA: An armed security guard robbed a jewellery outlet at the KL Festival City Mall in Setapak near here Thursday.
The robbery occurred around 9am and a police source said the suspect was identified as a Sabahan but with a fake identity card."
"PETALING JAYA: A college student, who was a victim of snatch thieves, passed away at University Malaya Medical Centre (UMMC) on Monday. Dickson Wong, 22, had been in a coma since the assault on Saturday morning. He died without regaining consciousness at about 5pm"
Begitu banyak kejahatan terjadi, beberapa diantaranya adalah kejahatan bersenjata yang mengakibatkan hilangnya nyawa. Kebetulan saya tinggal di kawasan yang memiliki tingkat kejahatan yang cukup tinggi. Disebutkan bahwa dalam satu hari bisa terjadi dua-lima kasus kejahatan dibanding beberapa tahun lalu yang terjadi 2-5/minggu.  Kasus penembakan yang terjadi di lampu merah tanpa diketahui motif bahkan terjadi 8 kali dalam 2 minggu di bulan ramadhan lalu.

Area-area berbahaya kejahatan :

* jalanan sepanjang Ruko
Rambu-rambu ini akan sering teman-teman lihat di Malaysia

source



Snatch thief ini tidak hanya terjadi di jalan atau di dalam alat transportasi, tapi juga di cafe, jadi apabila ada yang sedang berlibur disini, hati-hati apabila ada di cafe  pinggir jalan (bukan dalam mall) bermain dengan tablet.
Saran : Kalau sedang berjalan-jalan jangan pernah berjalan terlalu dekat dengan jalan raya, lebih baik menempel ke arah ruko

* Depan rumah juga merupakan kawasan berbahaya

Rumah selalu menjadi sasaran kejahatan, walaupun mungkin sudah merasa dilengkapi pengaman tapi terkadang tidak berguna. Ini adalah contoh bagaimana penjahat melakukan aksinya (gambar dari cctv)

source
Selain kejahatan karena perompak rumah, depan rumah jg menjadi sasaran empuk. bahkan ada kejahatan yang menimpa orang sedang mengangkat jemuran :(. Dibawah ini sebuah share kejahatan :
Robbery - 4 Indian man in Black Myvi, Jalan SS2/4B26/10/13My brother just came back and we were pushing back the sliding main gate, 4 Indian man came in a MyVi no. Plate WTD8053. They got down from the car and tried to rob us. They chased us with the parang into the house compound.  
Kalau mungkin teman-teman di Indonesia merasa depan rumah ini sudah aman, di Malaysia kita berhenti di depan rumah mau membuka pagar juga harus ekstra hati2. Memiliki rumah berpagar elektrik sudah oke, tapi jangan lupa menutup pagar sebelum membuka pintu mobil/menurunkan belanjaan.


* Area Parkir
beberapa kali ada kasus kejahatan di area parkir, bahkan ada juga korban yang tewas.Menyikapi kejadian ini beberapa mall memberikan lot khusus untuk wanita, disitu dilengkapi dengan kamera dan securiti yang siap berjaga. Buat para wanita, lebih baik memilih kawasan tersebut, jangan menantang bahaya.


* Mobil
Ini paling sering menimpa wanita yang berkendara. Para wanita ini biasanya meletakkan tas di kursi samping atau dibawah kursi yang masih terlihat pelaku kejahatan.
Kebanyakan kasus wanita dikuntit dua pengendara sepeda motor, dan menunggu kesempatan untuk memecah kaca dan mengambil tas

Kecelakaan palsu juga menjadi salah satu cara pelaku kejahatan merampas mobil atau juga barang milik kita. Mereka biasanya menabrak dan berpura-pura bertanggung jawab sebelum akhirnya mereka merampas mobil untuk dibawa lari.

*Petrol station/pom bensin
Disini mengisi bensin harus dilakukan sendiri. Jangan lupa mengunci pintu saat mengisi bensin. Karena pelaku kejahatan bisa cepat mengambil barang milik kita yg ditinggal di mobil. Juga jangan mengisi bensin bila telah larut atau terlalu pagi, karena banyak pelaku kejahatan berkeliaran di area tsb. 

*7eleven
kalau mau masuk sevel hati-hati, siapa tau ketemu yang seperti ini, perampok bersenjata parang



Cerita tentang Area Rumahku 

Gambar di bawah adalah ruko yang terletak tepat di depan tempat tinggalku, balai polisi hanya 400 m dari sini dan lihat apa yang terjadi :

source
Selain kejadian itu ada juga kejadian perampokan subuah cafe (seperti kopitiam) pada jam 2 siang (hari libur) juga kejadian dicurinya ban mobil di depan sebuah restoran. Makanya tak heran kawasan rumahku jadi parno, kamera dipasang tepat di sepanjang koridor, jadi begit buka pintu rumah sdh lsg kena shooting :D





Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...