Pages

Sunday, September 9, 2007

ANTRI Dong!!!!!

Duh budaya antri lama kelamaan jadi hilang dari budaya timur kita (apa memamng bukan budaya ya..arrgh. Prihatin, padahal antri merupakan suatu hal yang bisa memupuk disiplin manusia, dan sifat tidak mementingkan diri sendiri. Padahal kalo diingat2 sejak jaman kita taman kanak2 ibu guru TK nan sabar2 itu mengajarkan kita berbaris selain biar rapi itu supaya anak2 masuk kelas tanpa berebut atau istilahnya antri. Begitu juga di bangku SD. Tapi begitu SMP dan SMA gak ada baris lagi mungkin itu membuat orang beranjak dewasa atau dewasa lupa untuk antri. Makanya dalam beberapa kesempatan berbagi ilmu aku selalu menyisipkan jangan lupa antri... kayaknya bangsa kita ini sudah gak tau lagi budaya antri menunjukkan martabat suatu bangsa.

Beberapa waktu yang pernah kulalui ada beberapa kejadian mengenai antri:
1. Mulai lulus SMA ni tahu bahwa budaya antri perlu... saat mula ngedaftar UMPTN.. Kejadian di Bandung... ampir 4 jam berdiri kok gak maju2.. ternyata banyak orang yang langsung nyerobot ampe depan pura2 ngobrol dan masuk barisan hihhh. Gemes banget, akhirnya aku ikutan nyerobot juga (gak bener kan he3 tapi gimana lagi masa ampe tutup aku gak maju juga)

2. Waktu penataran P4 ambil jatah makan siang... alamak orang kelaparan jadi bar2 yak, apa takut gak kebagian. Tapi yang jelas yg berbadan kecil jelas kalah kena desak.

3. Bayar semesteran... saking banyaknya mahasiswa ekonomi mau dibuat garis buat antrian gak cukup juga akhirnya belakangnya malah cuma jadi kayak gerombolan penjahat berdesak2an sampe2 petugas banknya kesal dan loket ditutup. Halah kan malah rugi kan

4. Mulai gede di dunia nyata.. ATM... kok bisa2nya ada orang tiba2 nyelonong masuk padahal ada antrian di belakang yg kayak ular naga panjangnya. Ditegur malah sewot pake melotot lagi. Salah tapi ngerasa bener.

5. Naik Lift juga sama.. ada emak2 ma anak2 yg sudah mejeng duluan di depan lift begitu lift kebuka, langsung deh disodok ma bapak2 yg masih gagah perkasa.... GAK SOPAN!!!

6.Mulai malu2in bangsa nih kayaknya... di penerbangan Internasional, waktu check-in. Para warga negara Indonesia yang ada dinegeri jiran ini bener2 deh bikin malu.. main serobot terus... pura2 bego atau sengaja pura2 kenalan ma sesama TKI dan kemudian minta tempat.

7. KBRI Kuala lumpur... nih kayaknya pemicu dua belah pihak gak cuma orangnya tapi institusinya yg jg kurang memberikan perhatian. Gak ada jalur antri yang rapi... cenderung gak jelas. Alhasil sering terjadi huru hara... teriakan2 yang nyakitin kuping. Nah akhirnya "Apa kata dunia???" Indonesia tuh kampungan abis... nah lho....

8. Ngurus fiskal di bandara Solo.. sudah tahu bandara solo bandara kecil, ngurus fiskal gak pake komputeran tapi mesti nulis tangan dan cuma ada 2 petugas lagi utk perorangan. Mbok ya sabar dikit kenape? Kok masih tetep main serobot... bisa maklum kalo tampaknya adalah pekerja kasar..nah ini bapak2 (beberapa orang gak cuma 1) yang menenteng laptop.... kita antri manis eh si bapak pake lewat samping dan langsung menyodorkan paspor di depan petugas. "Ealaaaah pak...pak... sampeyan niku profesional kok mboten ngerti aturan, sopan santun, nopo mbok kinten kula niki namun TKI engkang saged sampeyan ideg2. Ngisin2i profesional kok kelakuan berandal."

9. Antri taksi.. gak di jakarta ga di KL nyaris sama kejadiaannya... kita sudah berdiri duluan.. saat itu gak ada orang di sekitar... nyetop taksi, tapi karena bawa barang makanya gak bisa lari kenceng... eh... asli dari belakang ternyata ada dua orang wanita lari masuk ke taksi... oalaaaahhhhhhh..

10. belum lagi kalo naik bus umum, jangan pernah berharap ada yang mau antri... Hati2 kalo naik kereta atau Busway karena dorong mendorong, adu kuat akan terjadi... jaga keseimbangan jangan sampai terperosok di lubang mengakibatkan patah tulang. (wah ternyata gak mau antri membahayakan keselamatan lo)

Masih banyak kejadian ogah antri yang menyebalkan lainnya kayak beli lauk, belanja, kedokter, nyerobot waktu macet. Asli kalo berkelanjutan bisa jadi negara kita bisa berisi orang yg tak punya aturan

Kali cuma bisa iri ma Singapore.. yang masih sempet bikin line utk antri gak taksi gak bus jadi teratur. Atau semuanya mesti pake kartu antrian ya...kalo dipanggil lebih dari 3 kali gak dateng longkap 3 nomor.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...