Pages

Sunday, February 17, 2008

Tentang "Jangan"... sebuah ketakutan

Ttg doa yg kupost kemarin..
tiba2 hari itu memandang kedua anakku aku merasa takut....
terpicu dari...
sebuah obrolan lewat YM
Si X: itu resikone nek tabungan dalam bentuk duit
Si X: wis kemakan inflasi
Si X: terlalu likuid maneh
Me: any sugestion?
Si X: katanya
Si X: ini baru kata ref yang paling cocok dan logis aku baca selama ini lhoo
Si X: tabungan anak terutama pendidikan mendingan dalam bentuk emas murni
Si X: emas batangan
Si X: disamping tahan inflasi , akeh emane nek di otak atik
Me: iyo ning danane ge tuku emas batangan kan gak cukup 10 jt per batang
Si X: salah
Si X: emas sekrang 275 rb/gr
Si X: ada yang 5 gr per batang
Si X: jadi sekitar 1,5 jt an
Si X: hayooo
Si X: 5, 10, 20, 50, 100, 500, 1000 gram ada
Si X: katanya seh kalo mo aman buat pendidikan tinggi anak
Si X: siapkan masing masing anak emas batangan buat persiapan sekolah pt, 1 kg emas batangan
Me : whua.. nangih

And then terbayang di otakku... Me ... FTM gak punya penghasilan, gak mampu nabungin anak banyak, ada sih sedikit yg diberi suamiku utk kebutuhanku tapi utk bisa nabung sebanyak itu aku gak mampu... itu baru buat pendidikan anak..

Kalo suamiku pensiun ga ada uang pensiun (peg swasta dan disini gak ada jamsostek gigitjari) sedangkan si beliaunya masih pingsan (atau enggan) menyisihkan sebagian penghasilannya buat dana pensiun, terus kita mau makan apa? Nah apalagi aku mo nabung pake apa??? adus kalo daun bisa gelakgulinggelakguling

Aku gak mau kalo tua aku bergantung pada anak2ku..
Aku gak mau kalo ke-papa'anku membuat mereka membenciku (membuat Tuhan akan menutup pintu rezeki mereka ... doa please jangan Tuhan)
Aku juga gak mau kalo karena sayangnya padaku membuat hidup mereka ikut susah
.... dan itu membuatku gak bisa senyum atau gak bahagia

Aku juga gak mau karena kepapa'anku membuatku lupa mensyukuri nikmat Tuhanku karena sibuk mengeluh..
Karena sibuk mengeluh aku akan merasa Tuhan tak sayang lagi padaku dan Tuhan akan marah tak mau lagi mendengar permohonan ampunku

sengihnampakgigisengihnampakgigisengihnampakgigi
Sebuah pemikiran aneh melintasku
kenapa tak minta "jangan panjangkan umurku"
cukup sampai kedua anakku bisa hidup dgn usahanya sendiri (yang mungkin sampai sebatas itu uang tabunganku bakalan tak bersisa duit)
dan ketuaanku dan kepapa'anku tak mengganggu rezekinya... dan
aku tak sempat mengeluh lagi,
Salahkah???? sengihnampakgigisengihnampakgigisengihnampakgigi

It's all about pension prgramme-kali ga berlaku utk PNS sengihnampakgigi & nabung buat anak (bukan aku gak yakin rejeki Tuhan tp emang mesti ada planning krn rejeki kita kali ini bisa jadi sdh masuk rejeki kita saat tua nanti... dan aku belum punya dan belum berhasil maksa partner buat planning yg bener gelakguling makanya kl ga ada planning jangan minta umur panjang sengihnampakgigi coba bayangin brp biaya sebulan utk hidup plg sederhana-dah ga ada hasil x lama waktu hidup juga pertimbangan inflasi fikirbintang7nangih)
Psstt... jangan nyaranin suruh wiraswasta --- ga bakat dan ga ada modal
nangih
NB : Maaf ya friend...kalo obrolan di YM'nya jd ikut nampang tentu sudah pake editing yg gak memalukan gelakguling

17 comments:

  1. Huaaaa...Sama Mbak!!Huuhuuu..Pertanyaan ini bikin aku jadi puter otak & sibuk bertanya sama diri sendiri,aku punya skill apa JUST IN CASE ayahnya anak2 ada apa2 & ngga produktif lagi..3 taun yg lalu pas aku abis ngelahirin Mila,suami tiba2 nanya, "Bu,kamu udah tau belum mau ngapain kalo aku nanti 'ngga ada'? Huaaaa..Baru ngelahirin 24 jam eehh udah ditanya begitu,langsung panik & parno..Tapi alhamdulillah itu bikin aku termotivasi untuk menggali potensi diri.. *wink*

    ReplyDelete
  2. Rezeki dan jalan hidup kita serta anak2 kita, semua kan sudah ditentukan yang Maha Kuasa. Tugas kita sebagai manusia adalah berusaha dan berdoa, sisanya biarlah tangan Allah yang bekerja.

    ReplyDelete
  3. sama nih, gak ada uang pensiun yg bikin ayem klo mikir...rejeki dah ada yg ngatur... tapi mesti didukung pake ngirit dong yaaaaaa, palagi keluarga jauh semua.
    Mesti diatur bener klo mo mudik, tiap 3th sekali :D

    ReplyDelete
  4. hehehehe... bener mbak..
    aku yg paling angker tuh klo ma klien, klo ngitungin dana pensiun..

    kadang suka ngga enak juga klo nunjukkin itung2an ke klien..
    suka di kira mo nakut2in..
    pdhal emang itu kenyataannya..

    yah klo ngga disiapin dr skarang mo kapan lagi :D

    mulai sedikit2 ajah mbak..
    drpd ngga sama skali

    ReplyDelete
  5. wah...pikiran kita sama ya..suami di swasta..FTM pula...duit cukup buat hidup aja alhamdulillah mo nabung yg aneh2..dr mana?? ya insyaallah klo dah rezeki gak lari kok....Allah kasih jalan yg terbaik buat umatnya.....

    ReplyDelete
  6. hehehe...banyakin sedekah aja, nabung dalam bentuk laen kan tuh, uang gak berkurang Insya'Allah rejeki malah nambah ;)

    ReplyDelete
  7. oooh jadi begituu ceritanya, mbak lin sampe serius banget yah mikirinnya, katanya rezeki itu udah ada yg ngatur, trus tiap anak juga udah ada rezekinya masing2, katanya juga kalau kita bersyukur Allah akan melipatgandakan rezeki kita, yah berbaik sangka sajalah sama Allah.

    ReplyDelete
  8. walah, masalah duit ga usah dipikir bingung. Dah diatur ma Allah cuma kita ga tau aja. kalo aku sih doanya dikasih cukup rejeki, -kalo pas dibutuhkan, duitnya ada :)he2x.
    bersyukur juga aku kerja, jadi bisa nabung2 dikit (maklum PNS, gajinya ga gede)

    ReplyDelete
  9. untung aku PNS ya, jadi ga kepikiran banget buat hari tua..tapi semua kan dari ALLah mba, rejeki dah ada yang ngatur...wong semut aja dijamin ma Allah, apalagi kita manusia yang bertakwa kepada Nya...

    ReplyDelete
  10. Sungguh do'a yang sangat taktis *megang2 jenggot sambil manggut-manggut*

    ReplyDelete
  11. Iya mbak, aku juga beberapa hari ini mikirin itu terus gara2 anak2 sodaraku pd mau masuk SD kayanya mahal nian...

    Aku berdoa aja wis he..he..

    ReplyDelete
  12. emang ya mbak... sekarang apa2 mahal... sekolah anak2 mesti nabung bertaun2... apalagi mikirin uang buat hari tua...
    yg penting berusaha & berdoa ya

    ReplyDelete
  13. Rezeki udah ada yang ngatur kan? Selagi kita berusaha menurutku ada aja jalannya. Kita berdoa deh semoga bisa memberikan yang terbaik buat anak-anak.

    ReplyDelete
  14. bener tuh mba..rejeki da ada yang ngatur. jg pesemis gitu donk...berdoa dan berusaha, kl kita pikir2 emank semuanya ga mungkin..tp kl ALLAH berkehendak...semua yg tdk mungkin jadi mungkin

    ReplyDelete
  15. Percaya deh rezeki udah diatur oleh Yang Maha Kuasa. Tapi emang sebagai orang tua kita perlu memikirkan masa depan anak2. Aku sih selama ini ikut asuransi pendidikan, untuk back up aja sih. gak bisa sepenuhnya tergantung dari situ. Insya Allah deh dengan bekerja dan berusaha, kita gak akan kekurangan.

    ReplyDelete
  16. Kalo aku mah jadi males mikirin ya, soalnya ngeri sendiri kalo denger orang ribut soal mahalnya "kehidupan" . Akhirnya ya pasrah aja, Insya Allah rizki udah diatur, yang penting usaha aja.

    ReplyDelete
  17. @vina
    Bener walo dulu pernah gawe tapi kl nyari lagi apa ya masih bisa ya hehehe

    @Mbak Ani
    Bener mbak berusaha tuhan yg menentukan berarti berusaha nabung juga ya tapi ini yg satunya masih 1/2 sadar hehehe

    @mbak kenny
    mudik 3 tahun sekali hua.....

    @indah
    iya nih tapi parahnya si misua seneng nabung lensa gubrakkkk

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...