Pages

Wednesday, November 19, 2008

Lagi2 ONH Plus Bermasalah

Sungguh menyedihkan nasib para calon Haji Indonesia, saat mendaftarkan diri sebagai calon haji menggunakan ONH Plus tentunya harapan mereka akan mendapatkan pelayanan yang lebih baik, saat berangkat, saat di tanah suci maupun saat pulang kembali ke Indonesia.

Masih teringat jelas kejadian haji 359 haji ONH Plus dari Indonesia sempat telantar sejak 24 Desember 2007. Mereka tidak bisa pulang ke tanah airkarena tidak tersedianya pesawat yang mengangkut kepulangan mereka.

Jamaah tersebut berangkat dari Indonesia melalui empat perusahaan penyelenggara haji yaitu Nurhana Pertiwi, Munawaroh, Anna Mona dan Anmar Bina Wisata. Tiket pulang pergi (PP) Saudi Arabian Airlines yang dimiliki oleh jamaah itu sudah lengkap. Tapi
ternyata untuk tiket pulangnya, belum tersistem di Saudi Arabian Airlines, sehingga saat akan boarding pass di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, mereka ditolak.

Kembali kali ini kejadian terulang lagi, sekarang terlantar di KLIA sebanyak 290 calon haji dari Sulawesi selatan. Calhaj ONH plus ini menggunakan jasa travel biro Wasa Tour dan Amalia Nur Karoma. Kedua travel Biro ini berusaha memberangkatkan calhaj menggunakan pesawat apa saja tujuan Jeddah walau transit di berbagai negara. Hal ini sangat berbahaya karena rombongan terpencar di berbagai negara. Apalagi paspor calhaj Indonesia menggunakan paspor coklat.

Kondisi jamaah haji sekarang, yang mendarat melalu LCCT (air Asia) terlantar di luar Bandara KLIA, Sedangkan yang menggunakan Garuda, MAS, dan KLM terlantar di dalam KLIA tanpa bisa keluar. mereka sempat diusir2 petugasa bandara (menyedihkan sekali) sebelum akhirnya dikumpulkan dalam satu tempat. Para calhaj ini sudah mulai kehabisan dana untuk makan dan kekurangan obat2an. Obat2an para jamaah kebanyakan berada di bagasi dan mereka tidak bisa mengeluarkannya.

Bantuan dar KBRi malaysia segera diulurkan terutama untuk masalah konsumsi dan obat2an. Berita terakhir Malam ini (22:00) 100 Calhaj rencananya akan diterbangkan menggunakan Egypt Air ke Kairo baru akan diteruskan ke Jeddah. Sedangkan besok pagi (08:00) 140 Calhaj sisanya akan diterbangkan dg 3 airline lainnya (yg juga belum pasti). Kendala baru menanti, yaitu mereka berangkat tanpa pembimbing yg direncanakan semula.

Menyedihkan sekali .... semoga pemerintah bisa menertibkan para penyelenggara ONH plus agar lebih berhati-hati.. tidak sekedar mencari keuntungan semata. Berhaji membutuhkan stamina prima, seandainya banyak biro travel haji yang tidak profesional akan sangat merugikan para jamaah haji baik psikologis maupun dalam hal materi.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...